Sukses Tingkatkan Minat di Bidang Biologi

 

Pelaksanaan babak final berupa presentasi.

Pelaksanaan babak final berupa presentasi.

Biology Science Challenge (akrab disebut BSC) adalah kompetisi biologi untuk internal Sinlui (sapaan akrab untuk SMA Katolik St.Louis 1 Surabaya). BSC diselenggerakan oleh salah satu ekstrakulikuler Biology Science Club Sinlui. Lomba yang diselenggarakan kedua kalinya ini dilaksanakan dalam tiga babak yang dibagi dalam dua hari. Babak penyisihan berupa rally games di area Sinlui dilaksanakan pada hari Sabtu (22/10). Sedangkan babak semifinal dan final dilaksanakan pada hari Sabtu (29/10) di Gedung D. BSC tahun ini diikuti oleh 34 tim, masing-masing tim beranggotakan tiga orang.

Babak penyisihan yang dimulai pukul 12.30 WIB terdiri atas enam belas pos yang tersebar di seluruh area Sinlui. Pos-pos tersebut terbagi menjadi pos game, teori, dan praktikum. Peserta diberi waktu selama 3 jam untuk menyelesaikan minimal 4 pos game, 1 pos praktikum, 2 pos teori. Selain itu, peserta diberi tantangan tambahan berupa kasus dengan clue yang tersebar di tiap pos. Peserta diharapkan memecahkan kasus itu dengan menebak suspect (tersangka) dan secret code berupa angka. Pada pukul 15.30 WIB, babak penyisihan berakhir. Pada hari Rabu (26/10), 18 tim yang lolos ke babak semifinal diumumkan melalui website BSC.

Babak semifinal dan final berlangsung pada hari Sabtu (29/10). Semifinal berupa test tertulis yang terdiri dari 100 nomer dimulai pada pukul 12.15 WIB. Peserta diberikan waktu 100 menit untuk menyelesaikan soal. Pada pukul 13.45 WIB, babak semifinal berakhir dan dilanjutkan dengan babak final. Hanya enam tim dengan nilai tertinggi yang dapat mengikuti final BSC. Pada pukul 15.00 WIB, enam kelompok yang lolos menuju final bersiap untuk presentasi. Panitia telah menyiapkan enam topik terkait bioteknologi yang diundi untuk tiap kelompok. Masing-masing kelompok mempresentasikan materi selama 10 menit dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab selama 5 menit. Juri dalam babak final adalah Bapak P. Eko Sugiharto, S.Si, M. Kes, Bapak Drs. Michael Aribowo, M.Si., Ibu Maria Anita Kurniyasih, S.Si. Setelah final berakhir, panitia mengumumkan pemenang pada pukul 17.00 WIB.

David Nugraha (XI IPA 9), selaku Ketua BSC, mengungkapkan bahwa tujuan BSC adalah meningkatkan minat dan menambah wawasan siswa-siswi Sinlui dalam bidang biologi. BSC sendiri sukses memenuhi tujuan tersebut. Salah satu peserta, Kimberly Yang (XI IPA 10), mengatakan, “Dari BSC ini aku jadi tambah tahu tentang biologi. Hal-hal yang sebelumnya nggak tahu, jadi tahu sekarang. Selain itu, rallynya juga seru dan perlu mikir.”

Berikut pemenang BSC 2016 :

  • Juara 1 :

Pierre Yosia ( XII IPA 9 )

Giovanni Hartanto ( XII IPA 9 )

Garry Siamsyuri ( XII IPA 9 )

  • Juara 2 :

Indita Melania ( XI IPA 4 )

Bella M. Lifindra ( XI IPA 4 )

Feronica Natalia Rivaldi ( XI IPA 4 )

  • Juara 3 :

Angela Natasha ( XI IPA 4 )

Handy Budiman ( XI IPA 4 )

Lea Vanessa ( XI IPA 4 )

  • Juara Harapan 1 :

Evelyn Rosari ( XI IPA 2 )

Michael Gunawan ( XI IPA 9 )

Brenda Kristi ( XI IPA 5 )

  • Juara Harapan 2 :

Ivan Chandra ( XI IPA 2 )

Gracia Stephanie T ( XI IPA 2 )

Alexander Wijaksana ( XI IPA 7 )

  • Juara Harapan 3 :

Cindy Sugiarto ( X MIPA 4 )

Natavia Berliantin (  X MIPA 5 )

Vania Roanna Gabrielle ( X MIPA 9 )

Leave A Comment...

*