Putra Putri Sinlui

DSC06981.JPGmm
Sinlui (sapaan akrab SMAK St. Louis 1 Surabaya) memiliki duta-duta untuk acara di dalam dan luar sekolah. Pemilihan dilakukan setiap dua tahun sekali dengan konsep yang berbeda-beda. Dalam memilih primadonanya, Sinlui memiliki kriteria 3B, yaitu:
a. Brain
Tidak hanya cerdas akademis, tapi juga nonakademis. Peserta dituntut untuk menyampaikan pandangan tentang masalah yang ada.
b. Beauty
Tidak hanya cantik fisik saja, tapi juga kecantikan dari dalam.
c. Behaviour
Dinilai bagaimana perilaku peserta terhadap teman dan guru dalam kesehariannya, juga apakah dapat bersosialisasi dengan baik.
Selain kriteria di atas ada pula kriteria tambahan, seperti: tidak memiliki catatan pelanggaran sejak LOS, bersikap santun, menjaga tutur kata, dan disiplin tinggi. Tinggi badan laki-laki minimal 160 cm dan perempuan minimal 150 cm.
Ada beberapa tahapan yang harus dilalui dalam penyeleksian Putra Putri Sinlui. Awalnya setiap kelas mengirimkan satu perempuan dan satu laki-laki untuk diikutsertakan dalam pemilihan. Para peserta akan menjalani tes tertulis yang menguji mereka tentang pengetahuan umum, pelajaran, dan wawasan tentang Sinlui. Setelah diambil dua puluh peserta terbaik, para peserta akan diwawancarai mengenai berbagai hal. Setiap peserta diajukan pertanyaan yang berbeda-beda. Peserta yang masuk Top 10 lai-laki maupun perempuan akan dipasang-pasangkan untuk photo session. Para peserta akan dilatih dance dan berjalan di catwalk untuk bazar nantinya. Selama pelatihan ini pendamping akan mengamati perkembangan yang akan menjadi penilaian juga.
Sebagai salah satu penilai, setiap peserta diberi tugas untuk menyambut tamu atau membantu romo membagikan medali kepada pemenang Sinlui HOT. Setelah mengalami tahap penilaian selama bazar, seperti fashion show dan lain-lain, diambil Top 5. Para peserta yang lolos akan diwawancara lagi saat malam penutupan bazar yang nantinya akan menentukan Putra Putri Sinlui, Putra Putri Photogenic, dan Putra Putri Favorit.