Romo Sigit membuka rapat kerja (raker) SMA Katolik St. Louis 1 Surabaya. Raker diharapkan menghasilkan poin – poin penting arah yang dituju oleh Sinlui (panggilan akrab SMA Katolik St. Louis 1 Surabaya) di tahun ajaran mendatang.

Menjelang akhir tahun pelajaran 2013-2014 yang akan berakhir pada tanggal 30 Juni 2014 nanti, Sinlui kembali menggelar agenda rutin penting lainnya yaitu rapat kerja (raker) guru karyawan mulai 16-20 Juni 2014. Agenda rutin tahunan ini akan memiliki topik utama mengevaluasi tahun ajaran yang sudah dilalui dan merencanakan detail kegiatan di tahun ajaran baru (2014-2015). Dibagi menjadi 2 bagian besar, raker hari #1-3 akan diselenggarakan di sekolah dan hari #4-5 akan digelar di Jambu Luwuk Kota Batu Jawa Timur.

Bapak ibu guru karyawan semua adalah seorang pemimpin bagi siswa. Seorang pemimpin harus dapat melayani, memberikan rasa aman, rasa dihormati, diakui dan dihargai bagi setiap manusia yang dipimpinnya. Untuk itu bapak ibu guru karyawan harus dapat memberikan teladan hal-hal tersebut“, ujar Romo Sigit kepala SMAK St. Louis 1.

Selain berbicara mengenai komunitas pelayan pendidikan, Romo Sigit juga menekankan pembentukkan karakter, kompetensi dan kepedulian untuk setiap siswa-siswi Sinlui (panggilan akrab SMAK St. Louis 1 Surabaya), sehingga diharapkan setiap peserta didik Sinlui dapat menjadi pribadi yang utuh dan bukan hanya unggul di kognitif saja.

Raker tahun ini juga fokus kepada sikap sekolah dalam penerapan kurikulum 2013 (K-13) yang sudah ditetapkan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia sebagai kurikulum termutakhir yang digunakan oleh setiap sekolah di seluruh Indonesia. Dalam raker yang juga menjadi forum tertinggi dewan guru di Sinlui memutuskan bahwa kelas X dan XI nanti akan menerapkan K-13, dan kelas XII masih tetap sama menggunakan kurikulum KTSP.

Khusus kelas X, nanti akan ada kegiatan matrikulasi (penyamaan persepsi) selama 1.5 bulan dan harus menjalani rangkaian tes, baru bisa memutuskan apakah mengambil jurusan MIA (Matematika dan Ilmu Alam) dan IIS (Ilmu-ilmu Sosial). Setiap siswa yang mengambil jurusan MIA, akan disediakan beberapa bidang studi yang ada di IIS (lintas minat) demikian juga sebaliknya.

Melalui forum tertinggi ini juga Sinlui menetapkan nama – nama wakil kepala sekokah yang akan bertugas untuk tahun ajaran depan, yaitu Bu Endang (humas), Bu Vici (kurikulum), Pak Arianto (kesiswaan), Pak Budi (sarana), Pak Kardja (spiritual) dan Pak Bono (asisten kepala sekolah). Mulai tahun ajaran 2014-2015, ada perubahan jadwal jam pelajaran, yaitu pada hari Jumat, jam pelajaran akan bertambah 1 jam pelajaran dan setiap hari Sabtu, selain berpakaian bebas sopan setiap siswa kelas X dan XI akan masuk mulai pk 07:30 dan kelas XII mulai pk 08:00.