Bpk Drs. Sudarminto, M.Pd kepala bidang pendidikan menengah dan kejuruan Diknas Kota Surabaya

Untuk ke-8 kalinya , acara tahunan Sinlui HOT (St. Louis exHibition and cOmpetition Talent ) ini diadakan. Mendapat tanggapan positif dari sekolah-sekolah menengah pertama se-Jawa Bali lomba untuk jejang SMP ini diikuti oleh 40 SMP yang berbeda dengan total 1000 siswa. Berbeda dari tahun – tahun sebelumnya yang cuma mempertandingkan 4 cabang lomba, tahun ini Sinlui HOT mempertandingkan 5 cabang lomba (Sains , Debat , Inggris, Basket (cabang baru) dan Paduan Suara). Hal ini membuktikan bahwa Sinlui merupakan sekolah yang mendukung kemampuan akademis maupun non-akademis dari peserta didiknya.

Acara pembukaan Sinlui HOT 2014 dimulai tepat pukul 08.00, diawali dengan perarakan masuk keluarga besar Sinlui yang diwakili Romo Sigit kepala SMAK St. Louis 1, Romo Tetra kepala Yayasan Lazaris (yayasan induk tempat Sinlui bernaung), para wakil kepala sekolah, para kepala sekolah undangan, tamu undangan dan perwakilan dari Diknas Kota Surabaya ke panggung acara di area pohon cinta. Pembukaan Sinlui HOT diawali dengan lagu Indonesia Raya dan Mars Sinlui. Drama tari dari kelompok sanggar seni Sinlui pun unjuk talenta dengan menampilkan drama budaya dengan teman ‘Cinta Suci Dewi Sekartadji’ yang merupakan cerita rakyat asli Jawa Timur. Hal ini mendapat tanggapan positif dari Bapak Sudarminto ( kepala bidang pendidikan menengah dan kejuruan Diknas Kota Surabaya). “Sinlui merupakan sekolah yang baik dan luar biasa, dengan memenuhi 4 kriteria ; akademis, sejauh mana sekolah mengantar siswanya menuju perguruan tinggi, bidang non-akademis (ekstrakurikuler) dan yang terakhir kondisifitas. Snlui memiliki ke-4 nya.” ucap beliau dalam sambutannya. Massa yang tampak menyemut di lokasi pembukaan Sinlui HOT 2014 terlihat langsung menyebar ke lokasi lomba masing-masing sejenak setelah gong pembukaan Sinlui HOT 2014 dipukul oleh Bapak Sudarminto sebanyak 3 kali.

Lomba yang diadakan dalam rangka memperingati Vincentius Day ini tentunya menjunjung sportivitas para siswa-siswi SMP dan mengajak mereka untuk dapat berprestasi baik dalam bidang akademis maupun non-akademis. Pada hari pertama ini, seluruh kegiatan lomba mempertandingkan babak penyisihan. Dari pantauan SWEET(*) di lapangan, lomba berlangsung lancar tanpa kendala berarti. Antusiasme para peserta sangat baik dalam menanggapi lomba yang diadakan setiap tahunnya.

Pada tahun ke-8 ini , banyak perubahan dibanding tahun sebelumnya. Selain cabang lomba yang baru, yaitu bola basket, Sinlui HOT tahun ini juga menggelar Open House yang diadakan oleh perwakilan ekstrakurikuler yang ada di Sinlui. Beberapa diantaranya ; Biology Science Club, Chemistry Science Club , Seni Lukis dan Komputer. Hal ini bertujuan agar para siswa SMP lebih mengenai Sinlui.

– oleh Veronica Kudo (Contributor SWEET)
*) SWEET = Sinlui WEbsitE Team