Estafet Kepemimpinan : Serah terima jabatan pengurus OSIS 2013-2014 yang diwakili Sebastian Kenny (2 dari kanan) sebagai mantan Ketua OSIS kepada pengurus OSIS 2014-2015 yang diwakili oleh Ketua OSIS terpilih Gregorius Jueves Mayo (paling kanan)

Estafet Kepemimpinan : Serah terima jabatan pengurus OSIS 2013-2014 yang diwakili Sebastian Kenny (2 dari kanan) sebagai mantan Ketua OSIS kepada pengurus OSIS 2014-2015 yang diwakili oleh Ketua OSIS terpilih Gregorius Jueves Mayo (paling kanan)

Menyusul estafet kursi Kepresidenan Negara Republik Indonesia, siang ini (22/10), Sinlui (sapaan akrab SMAK St. Louis 1 Surabaya) juga melaksanakan estafet kepemimpinan OSIS dari periode 2013-2014 yang dipimpin oleh Sebastian Kenny (Kenny, XII-IA 4) menuju ke kepengurusan baru yang dinahkodai oleh Gregory Jueves Mayo (Jojo, XI-MIA 4).  Tepat pk 14.00 WIB, seluruh pengurus OSIS periode 2013-2014, pengurus OSIS periode 2014-2015, Romo Sigit selaku kepala SMAK St. Louis 1 Surabaya, Bapak Stevanus Arianto selaku wakasek kesiswaan, Bapak Heribertus selaku pembina OSIS, serta bapak dan ibu guru pembina lainnya berkumpul di Vincentius Hall untuk melaksanakan upacara serah terima jabatan ini.

Acara dibuka dengan doa dari Johanes Paulus (Ketua Komisi D, Majelis Permusyawaratan Kelas) dan dilanjutkan oleh sambutan dari Bapak Stevanus Arianto. Beliau menyampaikan apresiasi terhadap kepengurusan OSIS periode sebelumnya, yang dinilai telah menjalankan amanat dan tugas dengan baik, serta menyampaikan pesan-pesan dan harapan untuk kepengurusan yang baru. Pak Ari, begitu beliau biasa disapa, berharap adanya kerjasama yang baik antar pengurus OSIS lama, pengurus OSIS baru dengan MPK (Majelis Permusyawaratan Kelas) yang berperan sebagai pengawas kinerja OSIS. Hal ini untuk menciptakan sistem organisasi yang lebih baik. “Dengan adanya MPK, saya harap periode ini dapat lebih baik lagi dari periode sebelumnya,” imbuhnya.

Senada dengan Pak Ari, Romo Sigit juga mengapresiasi kinerja pengurus OSIS periode sebelumnya. Beliau bercerita mengenai pengalamannya berorganisasi selama masa-masa sekolah, yang kini menjadi bekalnya dalam mengurus sekolah. “Nilai-nilai kalian memang menurun sedikit, namun saya percaya, pengalaman-pengalaman berorganisasi juga penting, dan jelas berbeda dari sekedar duduk-duduk di kelas saja. Sekolah juga membantu performa OSIS melalui perijinan meninggalkan pelajaran. Hal ini berbeda dengan jaman dulu, ketika siswa-siswi menghadapi kesulitan tatkala izin keluar kelas untuk mengurus event-event, kini kalian dengan mudahnya mendapatkan izin, karena guru-guru sudah paham pentingnya berorganisasi di luar kelas” ujar Romo Sigit.

Acara dilanjutkan dengan penandatanganan surat serah terima jabatan kepengurusan OSIS periode 2013-2014 yang diwakili oleh Kenny kepada pengurus OSIS periode 2014-2015 yang diwakili oleh Jojo. Acara serah terima jabatan tidak hanya berlaku untuk para pengurus OSIS saja, melainkan juga para pembina OSIS. Tetapi rencana serah terima jabatan pembina OSIS dari Pak Widodo selaku pembina OSIS periode 2013-2014 kepada Pak Heribertus selaku pembina OSIS periode 2014-2015 ditunda untuk sementara dikarenakan Pak Widodo yang berhalangan hadir di acara serah terima jabatan karena tugas sekolah.

– oleh Gabrielle Jane (Contributor SWEET)