sd

Baksos SSV mendapat sambutan hangat dari warga masyarakat

Tidak hanya menguasai bidang akademik maupun non-akademik, siswa-siswi SMAK. St. Louis 1 juga berusaha mengasah jiwa sosial melalui berbagai kegiatan sosial. Di bulan November ini tepatnya tanggal 16 November 2014, salah satu organisasi di SMAK. St. Louis 1 yang bergerak dalam bidang sosial, SSV (Serikat Sosial Vincensian) kembali mengadakan kegiatan Bakti Sosial. Bakti Sosial yang merupakan pertama kalinya diadakan SSV di tahun ajaran 2014-2015, mengambil lokasi di Jl. Simorejo Sari B Gang 1 No. 23, Tambak Mayor. Lokasi tersebut merupakan sebuah sekolah taman kanak-kanak kecil yang diperuntukan bagi warga-warga sekitar.

Selain acara bakti sosial, SSV juga bekerjasama dengan Dept. Olahraga dan Kesehatan (UKS), mengadakan pengobatan gratis yang juga dilaksanakan berdekatan dengan lokasi Bakti Sosial SSV. Bakti Sosial dilaksanakan diisi dengan penjualan Sembako Murah dan Penjualan Paket Alat-tulis murah. Satu paket sembako berisikan beras, minyak goreng, mie, teh dan gula. Sembako tersebut dijual seharga Rp. 25.000,- /paketnya, namun warga yang membeli juga diwajibkan menyertakan kupon sembako yang telah diedarkan pihak SSV, tujuan pembelian dengan menyertakan kupon ini agar sembako dibeli oleh pihak-pihak yang memang membutuhkan.

Alat tulis terdiri dari 2 buah buku tulis dan pensil, 1 buah bolpen, penggaris, penghapus dan rautan. Satu Paket alat tulis di jual seharga Rp. 5.000,-  Alat tulis dijual dengan cara diedarkan ke rumah-rumah warga sekitar. Adapun beberapa siswa-siswi anggota SSV membagi diri mereka kedalam beberapa kelompok kecil untuk menjual paket alat tulis tersebut. Pukul 8 pagi, semua aktivitas bakti sosial mulai berjalan. Tampak warga sekitar berbondong-bondong datang ke lokasi bakti sosial termasuk para lansia yang mengikuti pengobatan gratis yang telah diselenggarakan. Mereka mengaku antusias dan senang terhadap terselenggaranya kegiatan ini. Sebanyak 150 paket sembako dan 200 paket alas tulis habis terjual hingga saat pukul 9.30.

Tidak hanya warga yang datang berantusias, anggota SSV yang terlibat pun turut bersemangat melaksanakan peran dan tugas masing-masing selama Baksos. Terbukti dengan paket alat tulis yang terjual dengan cepat, walaupun koordinator memberikan target hingga pukul 11.30.
“Kerja kalian kali ini oke, bukan oke sih tapi bagus. Walaupun banyak paket alat tulis yang jebol dan ada pula paket sembako yang mengalami kerusakan packing, kalian tetap semangat dalam melaksanakan baksos ini hingga selesai.” Tutup Caroline, Ketua SSV saat memberikan briefing terakhir setelah kegiatan Baksos selesai.

oleh Lisa Oktiviani Tanaga(X IPS 3, Contributor SWEET)