Hari ini (03/11) Sinlui (sapaan akrab SMA Katolik St. Louis 1 Surabaya) kedatangan tamu-tamu spesial asal negeri Kangguru. Setelah kemenangan ganda tim Sinlui dalam ajang DBL beberapa bulan lalu, rupanya membuat Sinlui mendapat hadiah khusus berupa kunjungan dari tim basket putra dan putri Gold Coast All Stars – Australia saat mereka berkunjung ke Surabaya. Hanya tim bola basket putra Gold Coast saja yang memiliki agenda untuk melakoni “friendly match” melawan tim bola basket putra Sinlui.

Seluruh kelas X dan sebagian kelas XII tampak menyaksikan langsung jalannya pertandingan persahabatan di lapangan utama Sinlui. Keramaian suporter  pagi ini memang tidak seramai biasanya. Di tepi lapangan, tampak penonton tidak seheboh biasanya, hal ini memang dikarenakan seluruh siswa kelas XI harus menjalani imersi selama beberapa hari ke depan. Tetapi meski demikian, penonton yang ada cukup mewakili hebohnya suporter Sinlui saat menonton pertandingan bola basket. Panasnya cuaca pun tidak bisa menyurutkan semangat seluruh siswa – siswi yang ingin melihat lebih dekat pertandingan persahabatan beda negara ini.

Pada kuarter pertama, Gold Coast yang secara postur tubuh jauh lebih tinggi dibandingkan pemain Sinlui terlihat mampu mengatur jalannya pertandingan hingga membuahkan skor 18-4 atas keunggulan Gold Coast. Tidak ingin ketinggalan terlalu jauh, pada awal kuarter kedua, tim Sinlui akhirnya mampu memecah kebuntuan dan mencetak poin demi poin. Ketertinggalan yang cukup jauh sejak babak awal rupanya tidak dapat dibalikkan oleh tim Sinlui. Pertandingan persahabatan ini pun harus berakhir dengan skor 61-32 atas kemenangan telak tim Gold Coast.

Waktu di sela-sela pertandingan persahabatan mampu dimanfaatkan OSIS Sinlui dengan menghadirkan games-games yang melibatkan para siswa siswi dan tim Gold Coast untuk semakin menambah keseruan acara hari ini. Clique (tim dance Sinlui) baru muncul di akhir pertandingan dengan memandu jalannya flashmob (menari bersama-sama) bersama antara siswa-siswi Sinlui dan tim Gold Coast. Setelah heboh flashmob, seluruh pemain Gold Coast disibukkan dengan sesi foto bersama siswa – siswi Sinlui. Puas dengan kegiatan foto bersama, Sinlui menjamu seluruh tamu asal Australia ini untuk makan bersama dengan para guru.

Sang Pelatih tim Gold Coast, Pero Cameron yang ternyata merupakan ayah dari pemain bernomor punggung 11 dan 21 ini berpendapat bahwa pertandingan hari ini berlangsung dengan baik meski cuaca hari ini sangat panas. Sang pelatih juga menyampaikan pesan kepada tim bola basket Sinlui untuk terus bermimpi, berlatih dan bermain. “Keep playing hard, keep training, and dreaming. You must to have your dream first.” Senada dengan Mr. Cameron, Marks pemain bernomor 7 berpendapat ini merupakan permainan terbaik yang pernah dijalani. “Good game, best i’ve ever played so far.”

– oleh Veronika Kudo (Contributor SWEET)