Diikuti sebanyak 18 siswa anggota Sinlui TV, rombongan berangkat dari Surabaya pada pukul 08.00 WIB menuju SMKN 2 Singosari, Malang untuk menimba ilmu dalam dunia broadcasting. Setibanya disana Sinlui TV disambut hangat oleh tuan rumah. Bapak H Ahmad Maksum selaku Kepala SMKN 2 Singosari, merasa terhormat sekolahnya dikunjungi tim dari Sinlui (sapaan akrab SMA Katolik St. Louis 1 Surabaya).

Bapak Ahmad lalu menjelaskan secara singkat tentang dunia pertelevisian secara umum dan teknis-teknisnya. Sekolah yang menjadi rujukan tim Sinlui TV ini sendiri sudah memiliki saluran televisi komunitas yang sudah mengudara selama beberapa tahun terakhir. Maka, sudah tidak diragukan lagi pengalaman yang dimiliki oleh Bapak Ahmad, rekan guru dan murid yang menjadi staf pengelolanya. Beliau mengakui bahwa sarana prasarananya memang masih minim, tetapi, justru dari keterbatasan ini diharapkan dapat membuahkan hasil yang maksimal. “Kami targetkan dengan sarana yang minim ini kita bisa menyiarkan program acara,” ujar Bapak Ahmad.

Setelah pemaparan umum, tim Sinlui TV diundang untuk melihat dibelakang layar TV Edukasi (nama saluran TV SMKN 2 Singosari). Tak hanya itu, peserta studi banding juga langsung berinteraksi langsung dengan para kru TV Edukasi untuk mengetahui cara kerjanya. Salah satu orang yang ditemui Sinlui TV sedang berada di ruang kontrol adalah Pak Danang. Beliau menjelaskan betapa pentingnya deadline dalam industri pertelevisian. “Kita mengetahui bahwa news sehari saja sudah basi, jadi harus cepat diudarakan” tutur guru Broadcasting di sekolah tersebut. Ia juga menjelaskan bahwa sebaiknya acara berita disiarkan secara live (langsung).

Acara-acara selain berita bisa memiliki deadline lebih dari satu minggu, misalnya acara talkshow dan video musik. Lisa Oktaviani Tanaga, broadcaster Sinlui TV mengaku belajar banyak dari studi banding perdana Sinlui TV ini. “ Mengelola sebuah TV, walaupun hanya sebuah TV sekolah atau TV komunitas tidaklah mudah. Memang kemampuan setiap kru diperlukan, namun yang lebih penting adalah koordinasi didalamnya,” ujar siswi kelas XI ini. Ia berharap kedepannya Sinlui TV dapat benar-benar beroperasi sesuai harapan serta ilmu yang didapat dari studi wisata ke SMKN 2 Singosari dapat diaplikasikan dengan baik di sekolah.

– oleh Sinlui TV Crew