Suasana Perayaan Ekaristi sebagai untuk mengawali rangkaian acara Solidarity Musical Drama 64th SMA Katolik St. Louis 1 Surabaya

Suasana Perayaan Ekaristi sebagai untuk mengawali rangkaian acara Solidarity Musical Drama 64th SMA Katolik St. Louis 1 Surabaya

Dalam menyambut ulang tahun Sinlui (sapaan akrab SMA Katolik St. Louis 1 Surabaya) yang ke-64, sekolah menggelar perayaan Ekaristi yang berlokasi di Gereja Katedral Hati Kudus Yesus pada hari Jumat, (15/04) atau H-1 sebelum acara besar Solidarity Musical Drama 64th yang akan digelar di Supermall Surabaya Convention Center (SSCC) esok hari. Misa yang dipimpin langsung oleh Romo Robertus Wijanarko, CM (Romo Visitator CM se-Indonesia) ini dimulai pukul 10.00 WIB. Tak hanya siswa dan guru saja, romo-romo visitator, serta para alumni, dan para tamu undangan pun turut hadir dalam misa syukur hari ini, dan ikut menggemakan syukur atas ulang tahun Sinlui ke 64 tahun dalam berkarya di dunia pendidikan. Turut hadir pula Romo Widoyoko, CM yang juga merupakan alumni dari Sinlui.

Menurut Romo Robertus, bersyukur bukan karena aneka keberhasilan yang telah kita dapat, tetapi pengalaman hidup, baik sukses, gagal, maupun jatuh-bangun. Bentuk ucapan syukur yang dibutuhkan adalah syukur yang otentik (baca:nyata), yaitu: aksi menolong sesama terutama dengan orang yang membutuhkan dan di dalam pengalaman-pengalaman itulah Tuhan menorehkan kuasanya sehingga patutlah kita untuk bersyukur.

“Syukur yang benar bukan hanya ucapan dan ibadat, tapi harus dibahasakan dalam bentuk yang konkrit. Dalam hal ini dengan memberi bantuan kepada yang berkekurangan dan dengan menunjukkan kepedulian kita.” tegas Romo yang akrab di sapa Romo Jack ini. Bentuk kepedulian inilah yang kemudian diwujudkan dalam memperhatikan proses pendidikan di pedalaman Kalimantan, khususnya daerah Serawai, Kalimantan Barat.

Dana donasi dari acara Musical Drama yang diadakan di SSCC esok hari (16/04) akan disumbangkan untuk pembangunan pendidikan di SMP Katolik Bukit Raya, Serawai, Kalimantan Barat yang juga merupakan sekolah binaan yang dikelola oleh Yayasan Lazaris. “Kita bersyukur karena kita dapat melihat karya-karya Tuhan dalam kehidupan kita sebagai keluarga Sinlui”, cetus Romo Jack yang rupanya juga sempat mengajar di Sinlui.

Sebelum mengakhiri perayaan ekaristi, Romo Tetra (selaku Ketua Yayasan Lazaris) juga didaulat untuk memberikan pesan nasihat ulang tahun kepada Sinlui “Jangan cepat berpuas diri dan menjadi sombong, tapi baiklah senantiasa mau membuka diri dan berkembang” tegas Romo Tetra singkat.

Adapun undangan yang menghadiri Misa hari ini adalah sebagai berikut:
1. Romo Robertus Wijanarko, CM (Pimpinan Provinsial, Visitator CM se-Indonesia)
2. Romo Tetra Vici Ananta, CM (Ketua Yayasan Lazaris)
3. Romo Rudy Sulistijo, CM (Bendahara Yayasan Lazaris)
4. Romo Emanuel Ditia Prabowo, CM (Sekretaris Yayasan Lazaris)
5. Romo C. Sigit Tridrianto, CM (Kepala SMA Katolik St. Louis 1 Surabaya)
6. RD. Yuventius Fusi Nusantoro (Kepala Paroki Hati Kudus Yesus)
7. Romo Handoko (Kepala Paroki Gereja Blimbing)
8. Romo J. Widajaka Pranata, CM (Romo Rekan)
9. Romo Alexius Dwi Widiatna, CM (Romo Rekan sekaligus Kepala SMA Katolik St. Louis 1 tahun 2002 – 2012)
10. RD Pratisto (Rektor Seminari Tinggi Providentia Dei)
11. Romo J. Haryono (Romo Rekan)
12. Romo Puji Nurcahyo, CM (Romo Rekan)
13. Romo Paulus Dwintarto, CM (Kepala Paroki)
14. Romo Dodik, CM (Dewan Penasehat Provinsial)
15. Romo Markus Rudy Hermawan, CM (Ketua Yayasan Merah Merdeka)
16. Romo Laurentius Karsiyanto, CM (Romo Rekan)
17. Romo Bastian, CM
18. Suster Rosa, S. SpS
19. Suster Sisilia Andri, S. SpS
20. Romo Thomas (Romo misi di pedalaman Kalimantan)
21. Romo Yosef Jagadawan, SVD (Romo Provinsial SVD)
22. Romo Yosef Due, SVD
23. Kepala SMA Katolik St. Louis 2
24. Kepala SD Katolik Aloysius
25. Kepala SMK St. Louis
26. Drs. FJ. Siswanto
27. Ibu Felicia Onggo (Pengelola Kantin)
28. Ibu B. Viviyana Tedjasetiana (Pengelola Kantin)
29. Fransiskus Kukuh Riyanto (Dewan Pendidikan Kota Surabaya)
30. dr. Liana Elisa Gunawan
31. Elizabeth Maria Andriani

Selepas misa kudus, seluruh civitas Sinlui kembali ke sekolah untuk menjalani acara selanjutnya yaitu ramah tamah tumpengan yang telah disiapkan oleh masing-masing kelas sebagai ungkapan syukur atas ulang tahun ke-8 windu (64 th Sinlui)