Anggota SSV (Serikat Sosial Vincentius) berfoto bersama pada penutupan LKTD SSV 2016 pada Hari Minggu (25/9)

Anggota SSV (Serikat Sosial Vincentius) berfoto bersama pada penutupan LKTD SSV 2016 pada Hari Minggu (25/9)

Pada hari Sabtu (24/9) hingga Minggu (25/9), organisasi yang bergerak di bidang sosial, Serikat Sosial Vinsensius (akrab disebut SSV), mengadakan LKTD (Latihan Kepemimpinan Tingkat Dasar) bagi para anggota periode 2016-2017. LKTD diselenggarakan di area Sinlui (sapaan akrab SMA Katolik St. Louis 1 Surabaya) dengan jumlah peserta lebih dari 140 siswa. Acara ini bertujuan memberi gambaran pada anggota baru tentang SSV melalui outbond, sesi, dan kebersamaan.

Dimulai pukul 12.00 WIB, peserta diminta berbaris di area Pohon Cinta sesuai dengan kelompok yang telah dibagi sebelumnya. Peserta kemudian dibagi menjadi dua kloter. Kloter A akan melaksanakan outbond terlebih dahulu sedang kloter B melaksanakan latihan unjuk bakat. Outbond terbagi dalam enam pos yang masing-masing memiliki makna. Dalam outbond ini, para peserta harus mengumpulkan kupon-kupon bahan makanan dari tiap-tiap pos yang ada. Pada malam harinya, masing-masing kelompok harus memasak makan malam mereka sendiri dengan bahan yang telah didapat dari outbond.

Sebelum membersihkan diri, para peserta dengan memakai kacamata berenang diminta berkumpul di lapangan dan berbaris membuat suatu lingkaran besar. Para panitia menyiram peserta dengan air serta memberi shampoo. Setiap peserta diminta untuk mengeramasi rambut teman yang ada di depannya. Acara dilanjutkan dengan bersih diri kemudian tidur. Pukul 00.30 WIB, satu per satu peserta dibangunkan untuk berkeliling sekolah mengikuti lilin yang telah ditentukan. Di akhir perjalanan, setiap peserta diminta menuliskan komitmennya sebagai anggota SSV.

Pada awal hari kedua pelaksanaan LKTD, peserta kembali dibagi menjadi dua kloter. Kloter B diminta untuk memasak makanan masing-masing kelompok sama halnya dengan malam sebelumnya sedang kloter A diminta untuk mempersiapkan diri (mandi, sikat gigi, dll), demikian sebaliknya. Peserta kembali ke bangsal sekitar pukul 08.30 WIB untuk menampilkan bakat-bakat mereka. Setelah unjuk bakat, para peserta melaksanakan kerja bakti di seluruh area Sinlui. Acara diakhiri dengan sesi dan misa yang dipimpin oleh Romo Johan di Vincentius Hall. Romo Johan berpesan kepada segenap pengurus dan anggota SSV untuk memberikan diri kita kepada sesama.

“Harapan saya pribadi, melalui LKTD ini anggota SSV bisa saling mengenal satu sama lain dulu, karena kan tahun ini yang daftar SSV banyak sekali, ujar Lina Tanaga (XI IPS 1) selaku ketua panitia acara LKTD ini.

 

Oleh :  Evelyn Jane W. (XI IPA 11)