Penampilan Santa Clara Choir sebagai juara satu St. Louis HOT Choir Competition 2017 saat menyanyikan lagu Ondhel – Ondhel dan Damailah Rumah Kecilku

Hari Minggu (17/9), St. Louis HOT (exHibition cOmpetition Talent) 2017 kembali bergulir. Tidak seperti hari sebelumnya, terdapat tiga bidang lomba yang masih bertanding, yaitu sains, English Competition, serta Logic and Programming.

Berikut adalah liputan dari tiap bidang lomba hari kedua :

Sains

Pukul 08.30 WIB, sepuluh tim peserta lomba sains dengan peringkat tertinggi pada babak perempat final mengikuti babak semifinal yang bertempat di Gedung A dengan konxep rally games. Setelah mengikuti briefing, setiap tim didampingi oleh satu panitia untuk bermain di pos yang telah ditentukan. Setiap kelompok diberi durasi 10 menit untuk mengerjakan soal matematika, fisika, biologi, maupun kimia dalam masing-masing pos.

Pukul 11.45 WIB, diumumkan lima kelompok dengan nilai tertinggi yang berhak mengikuti babak final. Final diselenggarakan di Vincentius Hall dalam bentuk cerdas cermat. Babak terakhir ini dibagi menjadi tiga bagian, yaitu soal wajib, lemparan, dan adu cepat yang berlangsung hingga pukul 14.00 WIB.

“Saya sangat senang dapat mengikuti Sinlui HOT, karena melalui kompetisi ini saya dapat mengukur tingkat kemampuan saya dan memperoleh pengalaman yang berharga,” ujar Brian Limantoro, peraih juara pertama lomba sains.

Berikut adalah para juara St. Louis HOT Science Competition 2017 :

Juara I: SMP Kr. Petra 1 Surabaya

Juara II : SMP Kr. Petra 5 Surabaya

Juara III: SMPK Santa Clara Surabaya

Juara Harapan I : SMP Kr. Petra 1 Surabaya

Juara Harapan II: SMPK Santa Clara Surabaya

English Competition

Pukul 07.30 WIB, St. Louis HOT English Competition 2017 hari kedua dimulai. Sesi pertama adalah babak semi-final yang berupa rally games. Para peserta diberi petunjuk mengenai tempat pelaksanaan yang telah terbagi menjadi lima pos di sekitar area Sinlui. Objektif mereka adalah mendapatkan poin terbanyak di setiap pos permainan tersebut..

Sepuluh tim yang mendapatkan poin tertinggi melanjutkan ke babak final yang terbagi menjadi tiga buah penilaian yang berupa reading aloud (membaca teks), impromptu speech (pidato spontan), dan answering questions (menjawab pertanyaan dari juri).Tiap tim memilih satu peserta untuk satu bentuk penilaian serta sepuluh menit untuk persiapan serta sepuluh menit untuk tampil.

“Dalam suatu perlombaan yang dinilai bukan hanya hasil akhir tetapi proses secara keseluruhan,” tutur Ibu Lucia Harvianti, S.S, selaku juri English Competition.

Berikut daftar tim pemenang St. Louis HOT English Competition 2017:

Juara I : SMP Kr. Gloria 2

Juara II : SMPK St. Maria (B)

Juara III : Surabaya Cambridge School (C)

Juara harapan I : SMPK St. Clara (B)

Juara harapan II : Surabaya Cambridge School (B)

Logic and Programming 

Perjalanan LPC (Logic and Programming Competition) 2017 telah memasuki babak final. Dari 18 tim yang bertanding di hari pertama, diambil 10 tim untuk mengikuti final yang berlangsung hari ini.

Babak final ini diikuti oleh 10 tim dari berbagai sekolah se-Jawa Bali. Di babak final peserta diberi waktu 4 jam untuk membuat 10 program menggunakan aplikasi Pascal dan C++.

“ Antusiasme peserta melebihi ekspektasi saya. Saya berharap kedepannya agar lomba ini dapat menemukan bibit bibit muda berbakat dalan bidang logic and programming,” ujar Bapak Jimmy Gunawan, S.Kom., MOS, koordinator LPC 2017.

Berikut daftar tim pemenang St Louis HOT Logic and Programming Competition 2017 adalah:

Juara 1 : SMP Kristen Petra 1 (atas nama Goodwil Bryan Lion)

Juara 2 : JAC School (atas nama Vincent Dennis)

Juara 3 : Cita Hati School (atas nama Nicholas Patrick)

Pukul 15.25 WIB, berlangsung closing ceremony di area Pohon Cinta. Terdapat penampilan dari Santa Clara Choir sebagai juara 1 Choir Competition membawakan lagu Damailah Rumah Kecilku dan Ondel-Ondel.

Acara dilanjutkan dengan pengalungan medali, piala, serta sertifikat oleh wakil kepala sekolah kepada para pemenang. Ibu Dra. Indah Noor Aini, M. Pd., selaku kepala sekolah memberikan piala bergilir kepada SMP Katolik Santa Maria Surabaya sebagai tanda juara umum bidang debat sosial. Pemukulan gong secara simbolis menutup rangkaian St. Louis HOT 2017.

“Kalian sudah bertanding dan bermain dengan baik. Bagi yang menang, selamat, proficiat! Bagi yang belum, jangan putus asa karena masih ada tahun depan,” ujar Ibu Dra. Indah Noor Aini, M. Pd. dalam sambutannya.

Oleh :

Liliani Chandranata (X MIPA 5)

Audrey Gunawan (X MIPA 4)

Benedict Davon Martono (X MIPA 7)

John Sebastian (X MIPA 5)