Sinluiers saat melakukan kegiatan menanam pohon di THP Kenjeran dalam Sinlui Care hari Sabtu (7/10)

Untuk pertama kalinya, Sinlui (sapaan akrab SMA Katolik St. Louis 1 Surabaya) menyelenggarakan kegiatan bertajuk Sinlui Care pada hari Sabtu (8/10). Berlangsung di dua tempat (Taman HIburan Pantai Kenjeran dan lingkungan sekolah), Sinluiers diajak untuk peduli terhadap lingkungan sekitar serta kepada seama yang lemah dan terpinggirkan sebagai penerapan dari visi ke – 4,  yaitu menerapkan pendidikan solidaritas dan pengabdian kepada masyarakat.

Berikut liputan dari dua tempat berlangsungnya Sinlui Care :

Lingkungan Sekolah

Sinluiers yang tergabung dalam SSV (Serikat Sosial Vinsensian) beserta IKA (Ikatan Alumni Sinlui) mengadakan beberapa kegiatan, yaitu pembagian sembako, pengobatan gratis, penjualan alat tulis dan pakaian murah.

Pukul 10.00 WIB, acara dibuka dengan sambutan dari Bapak F. Widodo Setya Budi, S.S. selaku Wakasek Humas dan Ketua IKA. Antusiasme masyarakat dalam mengikuti kegiatan ini terlihat dari ramainya antrian pembagian sembako dan pakaian murah. Posko pengobatan gratis di ruang A102, A103, dan ruang UKS juga terlihat ramai dikunjungi warga. Penjualan alat tulis dan pakaian murah bertempat di area Pohon Cinta dan Pohon Jomblo sedangkan pembagian sembako bertempat di dekat Koperasi OSIS.

“Harapan kami agar dengan adanya kegiatan ini, kita dapat lebih saling mengenal dan mempererat tali persaudaraan antar warga,” ujar Bapak F. Widodo Setya Budi, S.S dalam sambutannya.

Taman Hiburan Pantai (THP) Kenjeran

Diikuti sekitar 1500 Sinluiers, terdapat 4 kegiatan utama, yaitu menanam pohon, membuat lubang biopori, membersihkan pantai, pembagian sembako, dan penyuluhan ke SD terdekat.

Pukul 07.30 WIB, rangkaian kegiatan dimulai dengan doa oleh Romo Emanuel Ditia Prabowo, M.Hum dan sambutan dari Ibu Dra. Indah Noor Aini, M.Pd selaku kepala sekolah. Setelah mendengar pengarahan dari Kelompok Tunas Hijau, Sinluiers yang terbagi dalam kelompok kerja langsung menuju lokasi kegiatan mereka.

“Apa yang kita lakukan hari ini merupakan perwujudan dari apa yang kita pelajari di sekolah sekaligus menjadi penerapan misi yang selama ini kita hidupi sehingga misi itu bukan lagi sebuah teori, melainkan telah dilakukan secara nyata, “ ujar Ibu Dra. Indah Noor Aini, M.Pd dalam sambutannya.

Berikut penjelasan kegiatan yang dilakukan :

Menanam 100 Pohon.

Kegiatan menanam 100 pohon dimulai pada pukul 07.45 WIB setalah pengarahan dari Bapak Heri Priyanto, S.Pd., selaku pembina dalam kegiatan menanam pohon. Tiap kelas menanam minimal 2 pohon pada tempat yang telah disediakan.

“Kegiatan seperti ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Dengan diadakannya kegiatan ini diharapkan semua siswa lebih sadar dan peduli pada lingkungannya.” ujar Bapak Heri Priyanto, S.Pd. dalam arahannya.

Membersihkan Pantai

Sinluiers didampingi para guru dan anggota KSK (sapaan akrab Kaderisasi Siswa Katolik) berkumpul di lapangan parkir THP Kenjeran untuk mendapatkan pengarahan dari salah seorang petugas Pantai Kenjeran. Setelah mencapai area pantai, mereka berjalan sambil memunguti sampah yang ada.

Melalui kerja bakti ini, diharapkan rasa peduli siswa terhadap lingkungan sekitar semakin meningkat, khususnya dalam membuang sampah pada tempatnya serta mengembalikan citra Pantai Kenjeran yang bersih dan menjadi tujuan.

“Bersih itu tidak hanya diri sendiri, tetapi juga lingkungan di sekitar kita. Ayo jaga kebersihan lingkungan,” ujar Clifton Suharjono (XI MIPA 4), selaku salah satu anggota KSK.

Pembuatan Lubang Biopori

Dipimpin oleh Ibu P. Lilik Indriyani, S.Pd., Sinluiers langsung mendapat pengarahan dari Kelompok Tunas Hijau mengenai langkah pembuatan lubang biopori. Terdapat 41 lubang biopori yang berhasil dibuat dan diharapkan dapat menjadi sarana penghijauan bagi kawasan Kenjeran.

“Kegiatan ini cukup menyenangkan karena tidak bisa dilakukan setiap hari di sekolah. Semoga semakin banyak kegiatan seperti ini lagi, “ ujar Timoteus Guntur (XI MIPA 10) sasat diwawancara.

Pembagian Sembako

Setelah berjalan sekitar 200 meter menuju balai RW 02 (Rukun Warga), 150 Sinluiers didampingi oleh beberapa guru disambut oleh Ketua RW 02, Ibu Siti Aisyah dan Bapak Ahmad serta beberapa anggota Karang Taruna. Terdapat lima RT (Rukun Tetangga) yang terbagi menjadi enam gang dan ditempati oleh sekitar 305 kepala keluarga. Sinluiers didampingi oleh masing-masing ketua RT berjalan menuju rumah dan memberikan sembako kepada warga yang telah mendapatkan kupon.

“Saya dan masyarakat di sini sangat bersyukur karena adanya kegiatan yang bermanfaat ini. Pemberian yang dilakukan dibagi dengan rata sehingga masyarakat merasa terbantu dan tercukupi kebutuhannya,” tutur Ibu Siti Aisyah usai kegiatan.

Penyuluhan SD

Usai dibagi menjadi 3 tim beranggotakan 13 orang, Sinluiers langsung menuju salah satu SD Negeri Kenjeran. Mereka melakukan peyuluhan terhadap siswa kelas 4, 5, dan 6. dengan mengunjungi tiap-tiap kelas.

Bertemakan penghijauan, materi disampaikan dengan berbagai cara mulai dari bermain games, story-telling hingga bernyanyi bersama. Setelah sekitar 1 jam, kegiatan dilanjutkan dengan menanam tanaman. Pembagian biskuit dan susu pun menjadi akhir dari kegiatan ini.

Oleh :

Valensia Stella (X MIPA 2)

Audrey Gunawan (X MIPA 4)

John Sebastian (X MIPA 5)

Davon Martono (X MIPA 7)

Fransisca Aurelia (XI MIPA 9)

Bryan Kenneth (XI MIPA 10)