Babak cerdas cermat yang diadakan pada hari ke – 2 penyelenggaraan BSC 2017 pada hari Sabtu (18/11)

Biology Science Challenge (BSC) merupakan event tahunan yang diselenggarakan oleh Sinlui (sapaan akrab SMA Katolik St. Louis 1 Surabaya) melalui Biology Science Club (BSC). Diselenggarakan selama 2 hari, BSC dibagi menjadi dua babak, yaitu penyisihan dan final. Tedapat 23 tim yang berpartisipasi, masing – masing beranggotakan 3 orang dan bertujuan untuk mengembangkan minat dan keterampilan Sinluiers, khususnya di bidang Biologi.

Berikut adalah ulasan dua hari penyelenggaraan BSC 2017 :

Hari ke – 1

Hari Sabtu (11/11) menjadi pembukaan dari BSC 2017, ditandai dengan dimulainya rally games pukul 11.30 WIB di area Sinlui. Terdapat 9 pos kecil dan 1 pos besar yang harus dilalui oleh peserta untuk mengumpulkan poin yang dapat menjadi modal untuk memenangkan lelang bahan masakan. Bahan ini kemudian dibuat menjadi masakan sebagai tambahan poin yang akan diakumulasikan dengan poin dari hari ke – 2.

“Harapannya acara ini dapat meningkatkan minat siswa terhadap pelajaran Biologi. Selain itu, kami ingin agar para siswa mengetahui bahwa Biologi merupakan pelajaran yang menyenangkan,”  ujar Jennifer Meredith (XI MIPA 4), salah seorang panitia BSC 2017.

Hari ke – 2

Babak kedua sekaligus final BSC 2017 berlangsung hari Sabtu (18/11). Format pertandingan berupa trinity game dan terdiri atas 3 bagian, yakni cerdas cermat, praktikum, dan tes tulis.

Tahap pertama, yakni cerdas cermat dan praktikum dimulai pukul 11.00 WIB. Setiap tim  dibagi menjadi dua kelompok besar yang akan mengikuti cerdas cermat dan praktikum yang mengharuskan para peserta untuk mengukur kuat respirasi pada jangkrik menggunakan respirometer. Tahap terakhir yakni tes tulis dimulai pada pukul 12.30 WIB di ruang D202 dan D203. Tiap tim mengerjakan soal yang terdiri dari ilmu biologi umum, kimia organik dasar, dan pengetahuan medis selama 60 menit.. Hasil penjurian diumumkan pukul 14.36 WIB.

“Ada banyak hal di alam yang dapat kita pelajari dari ilmu biologi, sehingga dengan diadakannya acara ini kami berharap dapat membuat siswa tertarik kepada ilmu sains khususnya biology,” ujar Jonathan Dharma (XI MIPA 9) selaku Ketua BSC periode jabatan 2017-2018.

Berikut daftar pemenang BSC 2017:

Juara 1 :

Charles Liunardi (XII MIPA 2)

Gracia Stephanie T (XII MIPA 2)

Alex Felix Idden (XII MIPA 2)

Juara 2 :

Phoebe Theodorus (XII MIPA 10)

Kentnard Jalen Santoso (XII MIPA 10)

Gwyneth Christina (XII MIPA 10)

Juara 3 :

Angelique Hillary S (XII MIPA 10)

Kimberly Yang (XII MIPA 10)

Agnes Beatrice (XII MIPA 10)

Juara Harapan 1 :

Wilson Halim (XI MIPA 7)

Clonia Milla (XI MIPA 1)

Jeremy Oktavianus (XI MIPA 5)

Juara Harapan 2 :

Sheinna Yendri (XII MIPA 3)

Anastasia Jesica (XII MIPA 3)

William (XII MIPA 3)

Juara Harapan 3 :

Steffi Audrey Julianto (XI MIPA 9)

Jacqueline Angelica (XI MIPA 10)

Kathy F. Ijaya (XI MIPA 3)

Oleh : Benedict Davon M. (X MIPA 7)

Maureen Priscilla  (X MIPA 9)