Penampilan psikodrama singkat oleh Kelompok Seniman 15 Menit dari Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya pada Kamis (8/2)

Kamis (8/2) hingga Jumat (9/2), Sinlui (sapaan akrab SMA Katolik St. Louis 1 Surabaya) menggelar seminar interaktif relasi teman sebaya dengan tema “Let’s Find Love : True Love vs Fake Love”. Bertempat di Vincentius Hall, seminar bertujuan agar siswa kelas X dapat berelasi dengan mengenal dirinya terlebih dahulu.

“Inti dari berpacaran adalah pengenalan akan diri sendiri. Melalui psikodrama yang akan kalian buat, keluarlah dari zona nyaman kalian dan kenalilah diri sendiri,“ ucap Erlyn Erawan, Psy. D.

Berikut adalah detail seminar interaktif relasi teman sebaya selama 2 hari :

Hari ke – 1

Seminar dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama (X MIPA 1 – 3 dan X IPS 1) dimulai pukul 08.45 WIB dan sesi kedua (X MIPA 4 – 6) dimulai pukul 11.30 WIB. Acara dibuka dengan sambutan dari Bapak Gangsar Septa Blasius Sotyoanggoro dan diikuti dengan psikodrama singkat oleh Kelompok Seniman 15 Menit dari Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya. Siswa kemudian dibagi menjadi kelompok kecil yang dibimbing oleh 1 mahasiswa. Seminar ditutup dengan penjelasan oleh Ibu Erlyn Erawan, Psy. D. dan peneguhan oleh Rm. Emanuel Ditia Prabowo, CM. yang menegaskan bahwa cinta sejati baru bisa dibagikan ketika sudah mengalami cinta sejati Tuhan.

Hari ke – 2

Seminar dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama (X MIPA 7 – 9 dan X IPS 2) dimulai pukul 08.30 WIB dan sesi kedua (X MIPA 10 – 11 dan X IPS 3) dimulai pukul 11.30 WIB. Kegiatan dibuka dengan pemutaran video social experiment mengenai tanggapan keluarga besar Sinlui akan arti cinta, diikuti dengan sambutan oleh Ibu Erlyn Erawan, Psy. D. dan Bapak Gangsar Septa Blasius Sotyoanggoro. Seminar ini menuntut siswa untuk berperan aktif dengan membuat psikodrama singkat sesuai kelompok yang telah dibentuk. Kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi mengenai pembawaan diri dan gaya pacaran yang sehat di kalangan remaja. Peneguhan oleh Rm. Emanuel Ditia Prabowo, CM. menjadi akhir dari seminar ini.

Oleh : John Sebastian (X MIPA 5)

Fransisca Aurelia (XI MIPA 9)