Siswa kelas XI MIPA 9 menyaksikan secara langsung proses pemerahan susu sapi saat mengunjungi PT. Coronet Crown pada Rabu (21/3)

Senin (19/3) hingga Kamis (22/3), Sinlui (sapaan akrab SMA Katolik St. Louis 1 Surabaya) kembali mengadakan studi ekskursi yang diikuti oleh seluruh siswa kelas XI MIPA. Kunjungan dibagi menjadi dua kloter yang tiap kelasnya diberangkatkan menuju perusahaan yang disepakati oleh guru pendamping. Kloter pertama (XI MIPA 1 – XI MIPA 5) diberangkatkan pada Senin (19/3) dan kloter kedua (XI MIPA 6 – XI MIPA 10) pada Rabu (21/3). Kegiatan yang berlangsung selama dua hari satu malam ini memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengunjungi perusahaan dan menyaksikan secara langsung implementasi ilmu dalam kehidupan sehari-hari terutama di bidang produksi.

Pukul 08.00 WIB kegiatan dibuka dengan pembekalan di Vincentius Hall oleh Ibu Dra. Maria Viciati, MM selaku Ketua Pelaksana Kegiatan Studi Ekskursi, diikuti dengan pemberangkatan siswa menuju tiap perusahaan yang telah ditentukan. Siswa dibimbing untuk bersikap tidak apatis selama berkegiatan di perusahaan dengan mengumpulkan data dari tiap bidang studi (Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi), data yang diperoleh melalui pengamatan dan wawancara tersebut nantinya akan disusun menjadi sebuah laporan ilmiah. Kunjungan dilanjutkan dengan pembuatan laporan di Wisata Edukasi Bhakti Alam, Pasuruan. Kegiatan ditutup pukul 15.00 WIB dengan persembahan kelas dan refleksi oleh Romo Emanuel Ditia Prabowo, CM.

Belajar MIPA bukan hanya supaya terlihat keren dan pintar, tetapi butuh ketekunan dan keterampilan. Mari kita lihat diri kita bersama. Apakah ilmu kita sudah menjadi berkat?” ujar Romo Emanuel Ditia Prabowo, CM dalam refleksi.

Berikut adalah perusahaan tujuan Studi Ekskursi 2018:

Sinar Sosro.Tbk (XI MIPA 1)

Sindotect Utama (XI MIPA 2)

Aneka Tuna Indonesia (XI MIPA 3)

Zensei Indonesia (XI MIPA 4)

Perusahaan Sirup Telasih (XI MIPA 5)

Unilever Indonesia (XI MIPA 6)

Saraswanti Anugrah Makmur (XI MIPA 7)

Kitoshindo (XI MIPA 8)

Coronet Crown (XI MIPA 9)

Tirta Sukses Perkasa (XI MIPA 10)

Oleh : Jesse Febrina (XI MIPA 10)