Pembukaan St. Louis HOT juga dimeriahkan dengan penampilan tari tradisional pada Sabtu (15/9)

Sabtu (15/9), Sinlui (sapaan akrab SMA Katolik St. Louis 1 Surabaya) resmi menggelar St. Louis HOT ( exHibition cOmpetition Talent) 2018. Bertempat di Sinlui, kegiatan diikuti oleh 959 siswa Sekolah Menengah Pertama dari Surabaya dan sekitarnya. Terdapat 6 bidang yang dilombakan, yakni english competition, sains, debat sosial, logic and programming, basket, dan paduan suara.

Pukul 7.45 WIB acara diawali dengan penampilan karawitan dan tari tradisional, diikuti dengan pengalungan bunga selamat datang kepada para peserta. Acara dilanjutkan dengan sambutan dari Ibu Dra. Indah Noor Aini, M.Pd. selaku kepala sekolah, Romo Rudy Sulistijo, CM selaku pengurus yayasan lazaris, dan Bapak Dr. Siful Rachman, MM., M.Pd. selaku Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur.

“Marilah kita belajar, berlomba, dan bermain dengan sportif dan jujur karena kejujuran ialah yang utama. Selamat bertanding dan berlomba. Tuhan memberkati,” pesan Ibu Dra. Indah Noor Aini ,M.Pd. dalam sambutannya.

Berikut adalah liputan dari tiap bidang lomba St. Louis HOT 2018:

English Competition

Bertempat di Thomas Aquino Library, kompetisi tahun ini mengusung tema nintendo. Kegiatan diikuti oleh 63 tim yang terdiri atas tiga  anggota dengan asal sekolah sama.  Pelaksanaan lomba dibagi menjadi dua hari, yakni Sabtu (15/9) dan Minggu (16/9).

Berbeda dengan tahun – tahun sebelumnya, lomba kali ini dibagi menjadi 4 tahap dengan dua tahap dihari pertama dan dua sisanya dihari kedua. Tahap satu berisi general questions yang dikerjakan berkelompok dan tahap dua dibagi menjadi tiga bagian yakni, listening, reading, dan writing yang dikerjakan secara individu.

Berikut tim yang lolos ke ronde tiga:

IPH East

Santa Maria Surabaya B

Cita Hati

SMP Kr. Petra 3

Mawar Sharon A

Mawar Sharon B

Cambridge B

Spins B

Elyon C

Santa Maria Surabaya A

Santo Carolus A

Gloria 2 A

IPH West

Gloria 2 C

Santa Maria Surabaya C

Debat Sosial

Pukul 07.40 WIB ajang debat resmi dimulai, bertempat di Gedung A, kegiatan diikuti oleh 25 tim asal sekolah berbeda. Ajang berlngsung di dua ruang, yakni Chamber A dan Chamber B dengan 6 pertandingan di tiap chamber. Hari pertama diisi dengan babak  penyisihan, dan pengumuman lolos ke bababk 1/8 Final. Acara ditutup dengan epilog dari Stella Arawinda (XII IS 2) selaku Ketua Panitia Siswa Bidang Debat.

Berikut adalah nama tim yang masuk kedalam babak 1/8 Final:

SMPK Angelus Custos

SMPK Angelus Custos

SMPK Santa Maria

SMPK Santa Maria

SMPK Santa Clara

SMP Xin Zhong

SMPK Kosayu 2 Malang

SMP Gamaliel Palu

Basketball Competition

Berlangsung di lapangan utama Sinlui (sebutan akrab SMA Katolik St. Louis 1 Surabaya), partai final tim putra mempertemukan SMP Santa Clara Surabaya dan SMP AC 1 Surabaya sedangkan pada pertandingan tim putri mempertemukan SMP AC 1 Surabaya dan SMP Negeri 3 Waru.

Tampil mendominasi di awal laga membuat tim putra SMP Santa Clara menurunkan intensitas permainannya. Alhasil, tim putra SMP AC 1 Surabaya tampil semakin heroik dan menutup kuarter pertama dengan keunggulan 11-9. Terus tertekan hingga akhir kuarter kedua, tim putra SMP Santa Clara berhasil membalikkan kedudukan menjadi 26-25 di awal kuarter ketiga. Namun, kegigihan tim putra SMP AC 1 Surabaya berhasil membawa mereka meraih kemenangan dengan skor 58-56. Di sisi lain, tim putri AC 1 berhasil menyabet gelar juara usail menundukkan SMP Negeri 3 Waru dengan skor 62-25.

Berikut daftar pemenang St. Louis HOT Basketball Competition 2018:

Tim putra

Juara 1: SMP Angelus Custos 1 Surabaya

Juara 2: SMP Santa Clara Surabaya

Juara 3: SMP Santa Maria Tulungagung

Tim putri

Juara 1: SMP Angelus Custos 1 Surabaya

Juara 2: SMP Negeri 3 Waru

Juara 3: SMP Santa Clara Surabaya

Logic and Programming (LPC)

Cabang lomba Logic and Programming (LPC) kembali bergulir di ajang St. Louis HOT. Betempat di area Sinlui, lomba diikuti oleh 13 tim dari berbagai sekolah di Surabaya dan sekitarnya.

Pukul 9.15 WIB acara dibuka dengan briefing dan doa pembuka. Mengusung tema Sinlui City, tahun ini peserta diajak untuk lebih mengenal logic dan programming melalui cara yang menyenangkan yaitu rally games. Terdapat 8 pos games dan 1 pos database untuk menukarkan gold menjadi resource dan building yang menjadi kriteria penilaian lomba. Pukul 14.00 WIB acara diakhiri dengan pengumuman tim yang lolos ke babak final serta pembagian sertifikat.

Berikut daftar tim yang lolos ke babak final:

SMP Petra 1                                                       2510 poin

SMP VITA                                                            1885 poin

SMP SCS                                                              1830 poin

SMP Santa Maria                                              1825 poin

SMP Gloria                                                          1475 poin

SMP Santa Clara Surabaya                            1370 poin

SMP Stanislaus 2                                              1320 poin

SMP Santa Clara Surabaya                            1125 poin

Sains

Pukul 8.30 WIB lomba dimulai dengan pengarahan di Vincentius Hall. Terdapat 53 tim yang mengikuti babak penyisihan. Peserta diberi waktu 90 menit untuk mengerjakan 75 soal, yang tiap soalnya terdiri dari 25 soal matematika, fisika, dan biologi. Pukul 13.00 WIB lomba dilanjutkan dengan babak pasar modal. Tiap tim diberi modal berupa uang sebanyak Rp 100.000,00 yang dapat digunakan untuk membeli soal-soal pada counter penjualan yang kemudian dapat dijual pada counter pembelian untuk memperoleh keuntungan.

Berikut daftar nama peserta yang lolos ke babak semifinal (nomor peserta / asal sekolah)

18023/ SMP KatolikSanta Clara Surabaya

18003/  SMP Kristen Gloria 1 Surabaya

18005/ SMP Kristen Gloria 2 Surabaya

18027/ SMP Katolik Santa Clara Surabaya

18008/ SMP Santa Maria Surabaya

18044/ SMP Santo Karolus Surabaya

18013/ SMP Santo Yusuf Surabaya

18020/ SMP Katolik Santa Clara Surabaya

18025/ SMP Katolik Santa Clara Surabaya

18035/ SMP Kristen Petra 3 Surabaya

Oleh:

Eric Christopher (XI MIPA 6)

Angelica Milano (X IPS 1)

Natasha Renee (XI MIPA 7)

Audrey Gunawan (XI MIPA 5)

Evan Leonard (XI MIPA 4)