St. Louis exHibition cOmpetition Talent (St. Louis HOT) 2019 resmi dibuka pada Sabtu (14/9) pagi. Kompetisi yang ditujukan bagi pelajar Sekolah Menengah Pertama yang digelar hingga hari Minggu (15/9) ini diikuti oleh berbagai SMP di Jawa Timur dan Kupang. Terdapat 6 cabang kompetisi dalam St. Louis HOT, yaitu Basket (9 tim putri dan 8 tim putra), Debat (20 tim), Sains (63 tim), Vokal Grup, Logic and Rally Games (35 tim) serta English Competition (60 tim). Pertandingan ini bertujuan mendorong para peserta untuk menjadi pribadi yang unggul dan maju. Para peserta didorong untuk bisa berkolaborasi dengan rekan satu tim, berpikir kritis dan dapat menyelesaikan masalah dengan cepat, serta kreatif, inovatif dan memiliki ide-ide yang out of the box.

Acara pembukaan yang bertempat di area Pohon Cinta diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan Mars St. Louis, kemudian dilanjutkan dengan doa. Para peserta dan tamu undangan juga disuguhi penampilan menarik Tari Gambyong dengan iringan Karawitan. Selanjutnya, Dra. Indah Noor Aini, M.Pd selaku Kepala Sekolah SMA Katolik St. Louis 1 memberikan sambutan. Dalam sambutannya, beliau mengatakan generasi muda sebaiknya meniru pedoman hidup Presiden ke-3 Republik Indonesia, Alm. B. J. Habibie, yaitu disiplin waktu, mengutamakan rasa nasionalisme dan peduli. Di akhir sambutannya, beliau mengucapkan selamat bertanding nagi seluruh peserta. “Selamat mengikuti lomba, jaga sportifitas, serahkan hasil kepada Tuhan. Semoga berhasil dan Tuhan memberkati kita semua,” ucapnya.

Selain Kepala Sekolah SMA Katolik St. Louis 1, sambutan juga diberikan oleh Kepala Yayasan Lazaris, Rm. Tetra Vici Anantha, CM dan perwakilan Dinas Pendidikan, Dra. Ety Pramesti, M.Si. Dalam sambutannya, Rm. Tetra mengharapkan agar St. Louis HOT tidak sekedar mengembangkan talenta dan olah pikiran, tetapi juga membantu peserta untuk mengolah raga dan rohani. Sedangkan Dra. Ety Pramesti mengatakan bangga dan sangat mendukung kegiatan St. Louis HOT karena dapat mengembangkan talenta anak bangsa di era revolusi industri 4.0. Beliau juga berpesan agar para peserta dapat bekerja sama dengan baik. “Selamat berkompetisi. Ambil sisi positifnya, selalu sportif. Kemenangan hanyalah bonus dari usaha kalian,” tuturnya.

Usai sambutan, St. Louis Exhibition Competition Talent 2019 dibuka secara simbolis dengan pemukulan gong dan pengguntingan pita.

(jay)

0

You may also like