Kegiatan tahunan Imersi kembali diadakan oleh SMA Katolik St. Louis 1 pada bulan Desember 2019 lalu. Tahun ini, Imersi dilaksanakan selama 5 hari mulai 12 Desmber hingga 16 Desember 2019, setelah sebelumnya mereka diberikan pembekalan dan mengikuti misa pada 11 Desember. Mengusung tema “A Way to Be Closer to God”, Imersi wajib diikuti oleh lebih dari 400 peserta didik kelas XI dan dilaksanakan di 15 stasi yang terbagi dalam tiga rayon, Blitar Timur, Blitar Selatan dan Cepu.


Rayon Blitar Timur terbagi menjadi stasi Parang, Sumber Arum dan Tegal Asri. Untuk rayon Blitar Selatan terbagi menjadi stasi Kali Dau, Ngadipuro, Kali Gambang, Ngeni, Kalitengah dan Banyu Urip. Sedangkan rayon Cepu terbagi menjadi stasi Jeruk, Kepoh, Jipang, Sidorejo, Mulyorejo dan Kapuan.
Selama mengikuti kegiatan Imersi, peserta didik diwajibkan untuk berbaur dengan masyarakat setempat dan mengikuti kegiatan harian orangtua asuh masing-masing. Profesi yang dijalani pun beragam, mulai dari petani, pedagang hingga peternak.

Salah satu peserta didik yang ikut berjualan dengan orangtua asuh


Seperti yang dikatakan oleh Drs. Ch. Tavip Yudianto “Bahwa kalian harus benar-benar terlibat dalam kegiatan ini secara total. Bukan hanya tubuh atau badan tetapi secara komplit seluruh pribadi anda, hati, pikiran dan jiwa anda, hadir seutuhnya.” Beliau juga mengharapkan agar peserta didik sepenuhnya mengikuti kegiatan-kegiatan dari keluarga yang ditempati, dapat berproses dan menemukan nilai-nilai kehidupan terutama nilai-nilai Vincentian.


Imersi dilaksanakan bukan tanpa alasan. Melalui kegiatan ini, harapannya peserta didik dapat lebih mengenal bentuk masyarakat sekitarnya yang cenderung berbeda dari apa yang dijumpai sehari-hari di Surabaya. Peserta didik juga diharapkan dapat mengatasi kesulitan pribadi yang ada, misalnya hemat air, bertani, berternak dan berdagang di pasar yang mungkin tidak pernah dijalani oleh masyarakat perkotaan. Selain itu, program ini juga salah satu bentuk praktek langsung pendidikan karakter yang ditanamkan di St. Louis.
(jay)

0

You may also like

St. Louis 1 meraih TOP 10 Nilai Rerata TPS UTBK Tertinggi 2020
St. Louis 1 meraih TOP 10 Nilai Rerata TPS UTBK Tertinggi 2020
MPLS Online Kelas X
SERTIJAB KEPALA SEKOLAH