Sabtu (12/10), SMA Katolik St. Louis 1 mengadakan Seminar Parenting dengan tema “My Parents, My Supporters” bagi peserta didik kelas X yang tinggal terpisah dengan anak-anak mereka selama mengenyam pendidikan di St. Louis 1.

Tujuan diadakan seminar ini bahwa sekolah ingin menjalin komunikasi dengan orangtua peserta didik agar memiliki wawasan dan cara-cara pendampingan yang tepat. Acara berlangsung di Vincentius Hall dan dibuka oleh Dra. Indah Noor Aini, M.Pd., Kepala Sekolah St. Louis .

Orangtua peserta didik diberikan materi dengan baik oleh Blasius Sotyoanggoro, S.Pd., Koordinator Bimbingan Konseling (BK) St. Louis 1. Materi berupa pengenalan BK secara umum dan juga para konselor kepada orangtua peserta didik bahwa BK ada dan merupakan wadah bagi peserta didik untuk mendapatkan pendampingan dalam proses pengembangan dirinya yang berhubungan dengan keadaan pribadi, sosial, belajar, karier dll. Selain itu beberapa pola yang terbiasa dilakukan oleh peserta didik selama di sekolah juga dipaparkan beserta beberapa solusi yang diterapkan. “Bahwa konselor BK merupakan mediator antar anak, orangtua dan sekolah”, ujar konselor senior ini.

Pembekalan kepada orangtua juga diberikan oleh Dra. Lanny Herawati, Kepala Pusat Konseling-Pengembangan Pribadi Universitas Kristen Petra Surabaya. Sebagai pembicara utama dalam seminar ini beliau menekankan bagaimana menghadapi anak-anak yang bersekolah jauh ke St. Louis 1, padahal seusia mereka masih membutuhkan kedekatan bersama orangtua. “Melepas anak-anak di jaman now dengan banyak tantangan, kemudahan di usia mereka bahkan dengan PR (pekerjaan rumah-dari sekolah) yang begitu banyak, bahwa peran orangtua sangat dibutuhkan”.

(e\28)

0

You may also like

Penilaian Akhir Semester Seni Budaya: Menghargai Budaya
Bakti Sosial SSV: Berinteraksi dengan yang Lemah dan Terpinggirkan
Van Lith: Ibarat Semut-semut yang Sedang Mencari Gula.