Pendidikan merupakan suatu proses mengembangkan kemampuan diri sendiri dan mendewasakan diri melalui upaya pengajaran dan pembinaan. Proses pendidikan di sekolah yang berlangsung ditentukan oleh kualitas guru, sehingga perlu diadakan pembinaan secara berjenjang dan berkelanjutan. Maka SMA Katolik St. Louis 1 Surabaya mengadakan Pembinaan Guru Muda pada 1-2 Februari 2020 di Rumah Khalwat Syalom Batu, Malang.

Acara dibuka dengan ibadat, dilanjutkan pengantar dari Dra. Indah Noor Aini, M.Pd., Kepala SMA Katolik St. Louis 1 mengenai 3 C (character, competence, compassion), kiat-kiat menjadi guru, pesan Paus Fransiskus tentang sekolah. Beliau mengatakan “Pohon dikenal dari buahnya, ketulusan bapak dan ibu dalam mendampingi anak-anak harus terus dipupuk”.

Selama 2 hari, guru muda St. Louis juga diberi bekal oleh Rm. Martinus Irwan Yulius, CM., sebagai pembicara utama. Analisis personal menggunakan metode SWOT merupakan salah satu hal yang digali dari masing-masing pribadi guru muda, agar mereka dapat mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang dihadapi sekaligus menyusun strategi untuk 4 hal tersebut. Diskusi per kelompok lebih banyak dilakukan, tidak lupa beberapa permainan yang mengasah kemampuan masing-masing pribadi. (e\28)

0

You may also like

Pembinaan Guru St. Louis 1: Menjadi Guru dengan Sukacita
Masker dari Sister School Taiwan
Peringatan Hari Kemerdekaan RI ke 75